Kalimat Rujukan Tentang E-Commerce

Kalimat Rujukan tentang
E-Commerce(#BAHASA INDONESIA)

 

Di zaman modern ini teknologi sangat cepat berkembang dan membuat banyak orang berlomba lomba untuk membuat startup untuk menghasilkan manfaat yang menguntungkan untuk pribadi dan masyarakat. Maanfaat tersebut bisa dalam bidang komunikasi, informasi, edukasi dan lain lain. Maka dari itu internet menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari hari seperti berita terupdate,  komunikasi online, dan perbelanjaan. Bidang pelayanan yang sedang ramai yaitu kategori penjualan atau biasa disebut dengan e-commerce. E-commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk–produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis (Pribadi & Nugraha, 2017).

                Menurut Wibowo (2015) yang mengutip dari Riki R. Siregar “Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses perdagangan atau  pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga gabungan mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain sebagainya. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini”.

Sedangkan Menurut Purbo dan Wahyudi (2000) yang mengutip pendapat David Baum menyebutkan, “e-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan pertukaran informasi yang dilakukan secara elektronik”.
Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis melalui jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet).

Menurut Sukmajati (2009) Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga lapis. Pertama, insfrastruktur sistem distribusi (flow of good); kedua, insfrastruktur pembayaran (flow of money); dan ketiga, infrastruktur sistem informasi (flow of information). Agar dapat terintegrasinya sistem rantai suplai dari supplier, ke pabrik, ke gudang, distribusi, jasa transportasi, hingga ke pelanggan maka diperlukan integrasi enterprise system untuk menciptakan supply chain visibility. Ada tiga faktor yang faktor dicermati oleh kita jika ingin membangun toko ecommerce yaitu: variability, visibility, dan velocity (Sukamjati, 2009).

Pendapat (Zahra & Mardhiyah, 2017) mengenai pengertian ecommerce bahwa e-commerce mengacu pada internet untuk belanja Online dan jangkauan lebih sempit. E-commerce adalah subperangkat dari e-business. Cara pembayarannya bisa melalui transfer uang secara digital seperti pembayaran melalui account paypal atau kartu kredit, sedangkan e-business mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas(Zahra & Mardhiyah, 2017).









 Refrences

  • Pribadi,I.A.P & Nugraha,N (2017).Pembuatan Aplikasi Website Berbasis Pelanggan Pada Toko Online SWMPROJECT8 Menggunakan Framwork Codeigniter.Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(3) , 236.
  • Wibowo,E.A (2015).Pemanfaatan Teknologi E-commerce Dalam Proses Bisnis, 96.
  • Purbo. Onno W. 2000. Mengenal E-Commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  • Sukmajati, Anina. 2009. Penerapan E-commerce untuk Meningkatkan Nilai Tambah (Added Value) bagi Perusahaan.
  • Zahra,F.S., Mardhiyah,I (2017). Perancangan Website E-Commerce Pada  Toko Tawazun Outdoor Dengan Metode Market  Basket Analysis.Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(3), 217.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA, PROFESI, DAN ETIKA PROFESI

Port Komunikasi

ADC dan DAC pada Interface