Kalimat Rujukan Tentang E-Commerce
Kalimat Rujukan tentang
E-Commerce(#BAHASA INDONESIA)
Di zaman
modern ini teknologi sangat cepat berkembang dan membuat banyak orang berlomba
lomba untuk membuat startup untuk menghasilkan manfaat yang menguntungkan untuk
pribadi dan masyarakat. Maanfaat tersebut bisa dalam bidang komunikasi,
informasi, edukasi dan lain lain. Maka dari itu internet menjadi hal yang
sangat penting dalam kehidupan sehari hari seperti berita terupdate, komunikasi online, dan perbelanjaan. Bidang
pelayanan yang sedang ramai yaitu kategori penjualan atau biasa disebut
dengan e-commerce. E-commerce adalah suatu proses membeli
dan menjual produk–produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan
ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis (Pribadi &
Nugraha, 2017).
Menurut
Wibowo (2015) yang mengutip dari Riki R. Siregar “Electronic Commerce (e-commerce)
adalah proses perdagangan atau pertukaran produk, jasa dan informasi
melalui jaringan komputer. E-commerce merupakan bagian
dari e-business, di mana cakupan e-business lebih
luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga gabungan mitra
bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain sebagainya. Selain
teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi
basis data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan
bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini”.
Sedangkan Menurut
Purbo dan Wahyudi (2000) yang mengutip pendapat David Baum menyebutkan,
“e-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis
yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui
transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan pertukaran informasi
yang dilakukan secara elektronik”.
Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis melalui jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet).
Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis melalui jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet).
Menurut
Sukmajati (2009) Dalam mengimplementasikan e-commerce tersedia
suatu integrasi rantai nilai dari infrastrukturnya, yang terdiri dari tiga
lapis. Pertama, insfrastruktur sistem distribusi (flow of good);
kedua, insfrastruktur pembayaran (flow of money); dan ketiga,
infrastruktur sistem informasi (flow of information). Agar dapat
terintegrasinya sistem rantai suplai dari supplier, ke pabrik, ke gudang,
distribusi, jasa transportasi, hingga ke pelanggan maka diperlukan
integrasi enterprise system untuk menciptakan supply
chain visibility. Ada tiga faktor yang faktor dicermati oleh kita jika
ingin membangun toko ecommerce yaitu: variability,
visibility, dan velocity (Sukamjati, 2009).
Pendapat (Zahra
& Mardhiyah, 2017) mengenai pengertian ecommerce bahwa e-commerce mengacu pada
internet untuk belanja Online dan jangkauan lebih
sempit. E-commerce adalah subperangkat dari e-business.
Cara pembayarannya bisa melalui transfer uang secara
digital seperti pembayaran melalui account paypal atau kartu
kredit, sedangkan e-business mengacu pada internet
tapi jangkauan lebih luas(Zahra & Mardhiyah, 2017).
Refrences
- Pribadi,I.A.P & Nugraha,N (2017).Pembuatan Aplikasi Website Berbasis Pelanggan Pada Toko Online SWMPROJECT8 Menggunakan Framwork Codeigniter.Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(3) , 236.
- Wibowo,E.A (2015).Pemanfaatan Teknologi E-commerce Dalam Proses Bisnis, 96.
- Purbo. Onno W. 2000. Mengenal E-Commerce. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
- Sukmajati, Anina. 2009. Penerapan E-commerce untuk Meningkatkan Nilai Tambah (Added Value) bagi Perusahaan.
- Zahra,F.S., Mardhiyah,I (2017). Perancangan Website E-Commerce Pada Toko Tawazun Outdoor Dengan Metode Market Basket Analysis.Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(3), 217.
Komentar
Posting Komentar